Mobil Rakyat Rp. 30 Juta

Jakarta – Belum selesai fenomena mobil Esemka yang menyentak perhatian masyarakat Indonesia, kini hadir mobil rakyat (Mobira). Mobil yang digarap oleh PT. Sarimas Ahmadi Pratama yang berlokasi Kampung Sawah, Cilodong Depok, Bogor ini akan dibandrol Rp 30 jutaan.

Pemilik PT Sarimas, Dasep Ahmadi mengatakan mobilnya ini mulai dirakit sejak 2011 sebagai protipe awal. Ia berharap dua tahun lagi mobil ini bisa diproduksi massal setelah mengantongi Nomor Identitas Kendaraan (NIK) Kementerian Perindustrian dan izin kelayakan jalan dari Kementerian Perhubungan.

“Tahun ini prototype akan dimulai tahap diuji kelayakan jalan. Sekarang sedang tahap NIK,” katanya kepada detikOto, Selasa (17/1/2012)

Ia menegaskan mobil yang berkapasitas mesin 150 cc ini merupakan hasil pengembangannya sendiri, termasuk blok mesin dan mesinnya. Mobira digadang-gadang akan menjadi mobil kecil dengan kapasitas penumpang maksimal 3 orang.

“Sekarang ini masih sampel, kalau nanti diproduksi massal bisa sekitar Rp 30 jutaan harganya,” katanya.

Ia menambahkan selama ini pihaknya banyak menggeluti industri mesin perkakas (bubut) sehingga sangat mudah untuk masuk industri alat angkut. Dasep menyadari kalau selama ini belum ada yang mengisi segmen kendaraan mungil.

“Mesin perkakas intinya, mesin perkakas dikuasai, maka bikin mobil pun bisa, kalau masuk otomotif barang modal harus dikuasai,” katanya.

Menurutnya, Mobira sangat berpeluang berkolaborasi dengan merek-merek mobil kecil lainnya seperti GEA maupun Tawon. Dasep yakin mobil yang bodinya terbuat dari alumunium ini bisa disambut positif oleh masyarakat Indonesia.

Mobira merupakan sebuah mobil mungil yang memiliki dimensi 2.330×1.030×1.500 mm (PxLxT) yang sudah mengusung transmisi otomatis.

Berbekal mesin 4 langkah, SOHC berkapasitas 150 cc, mobil ini mampu menyajikan tenaga hingga 10,1 kW di 8.500 rpm dengan torsi 12,8 Nm di 6.500 rpm. Dengan sajian seperti itu, mesin yang memiliki berbandingan boreXstroke 57.3×57.8 mm ini mampu melahirkan efisiensi 16,25 km/liter.

Seperti apakah spesifikasi Mobira? Berikut spesifikasinya:

Dimensi

Panjang: 2.330 mm
Lebar: 1.030 mm
Tinggi: 1.500 mm
Wheelbase: 1.670 mm
Jarak pijak: 855 mm
Berat kosong: 265 kg

Sasis

Transmisi: V-Belt otomatis
Suspensi: Teleskopik (depan & belakang)
Rem: Hydraulic single disc (depan & belakang)
Ban: 8 inchi

Mesin

Tipe mesin: 4 langkah, SOHC
Isi silinder: 150 cc
Tenaga: 10,1 kW @ 8.500 rpm
Torsi: 12,8 Nm @ 6.500 rpm
BoreXstroke: 57.3×57.8 mm

Bahan bakar

Jenis: Bensin tanpa timbal
Sistem pengabutan: Karburator
Kapasitas tangki: 9 liter
Konsumsi: 16,25 km/liter

( hen / syu ) 

Redaksi: redaksi[at]detikoto.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: